Home » , , , , , , , , , » Energi Gelombang | Gelombang Memiliki Energi

Energi Gelombang | Gelombang Memiliki Energi

Written By Unknown on Kamis, 10 Oktober 2013 | 00.22

Energi Gelombang | Gelombang Memiliki Energicerdaskan.com. Pada postingan kali ini, ada satu materi fisika yang sangat menarik yaitu tentang Energi Gelombang. Apakah gelombang memiliki energy? Jawabannya tentu iya. Suatu pergerakan baik itu alami atau buatan pasti memiliki energy untuk menggerakkannya. Berdasarkan definisi gelombang yaitu getaran yang merambat melalui suatu medium. Partikel-partikel medium yang bergetar memiliki energy getaran. Energy getaran inilah yang merambat melalui partikel satu ke partikel lain sepanjang medium, sedangkan partikelnya sendiri tidak ikut merambat. Inilah yang mengantarkan kita dalam materi energy gelombang. Selamat membaca.

Energy total yang dipindahkan oleh gelombang sama dengan energy mekanik getaran yaitu :
E = ½ kA2
E = ½ mω2 A2
E = 2 π2 mf2 A2
Dengan :
E = energy gelombang – J
k = konstanta – N/m
A =  amplitude – m
ω = frekuensi sudut – rad/s
f = frekuensi – Hz
rumus diatas menunjukan bahwa energy yang dipindahkan oleh gelombang berbanding lurus dengan kuadrat frekuensi dan kuadrat amplitude.

·         Intensitas Gelombang Bunyi
Secara umum, intensitas gelombang bunyi didefinisikan sebagai energy yang dipindahkan per satuan luas per satuan waktu atau daya per satuan luas yang tegak lurus pada arah cepat rambat gelombang.
Rumusnya :
I = P/A┴
I = 2 π2 ρvf2 A2
Dengan :
I = intensitas gelombang bunyi – W/m2
P = daya gelombang – W
A┴ = luas penampang medium – m2
ρ = massa jenis medium – kg/m3
v = cepat rambat bunyi dalam medium – m/s
f = frekuensi gelombang – Hz
A = amplitude gelombang – m

Rumus ini menunjukan bahwa intensitas gelombang bunyi berbanding lurus dengan kuadrat frekuensi dan kuadrat amplitude. Artinya, semakin kuat dan tinggi suatu bunyi, maka akan semakin besar intensitasnya.
Sumber bunyi menghasilkan gelombang yang merambat ke segala arah. Gelombang ini akan bergerak dengan kecepatan konstan jika medium perambatannya homogeny dengan muka gelombang berbentuk bola. Karena semua titik pada permukaan bola berperilaku sama, maka daya rata-rata yang dipancarkan sumber bunyi akan tersebar secara merata pada permukaan bola seluas A = 4πr2. Oleh karena itu, intensitas gelombang bunyi pada titik yang berjarak r dari sumber bunyi adalah :
I = P/4πr2
Perbandingan intensitas gelombang bunyi pada suatu titik yang berjarak r1 dan r2 dari sumber bunyi adalah :
I1 : I2
P/4πr2 : P/4πr2
1/r12 : 1/r22
I1 / I2 = r12 /r22
Apabila terdapat n buah sumber bunyi yang identik, maka intensitas total gelombang bunyi merupakan penjumlahan aljabar terhadap intensitas masing-masing sumber bunyi.
Itotal = I1 + I2 + I3 + …. + In

Demikian penjelasan saya terkait Energi Gelombang | Gelombang Memiliki Energi yang dapat saya tuliskan dalam artikel berjudul Energi Gelombang | Gelombang Memiliki Energi ini. semoga materi ini dapat membantu anda menjawab pertanyaan seputar Energi Gelombang | Gelombang Memiliki Energi yang belum anda ketahui. Masih banyak ilmu fisika yang aplikasinya ada di kehidupan kita. Terus belajar, terimakasih sudah membaca artikel ini. Salam Fisika. Sampai Jumpa.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah membaca artikel kami. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 
Support : Dunia Matematika | Dunia Fisik dan Fiksi
Copyright © 2013. Blog Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by AM Published by Aeroplane
Proudly powered by Blogger