Home » , , , , , , , » Sudut Dispersi | Dispersi Cahaya Oleh Prisma

Sudut Dispersi | Dispersi Cahaya Oleh Prisma

Written By Unknown on Kamis, 10 Oktober 2013 | 00.40

Sudut Dispersi | Dispersi Cahaya Oleh Prisma cerdaskan.com. Dalam artikel saya kali ini yang berjudul Sudut Dispersi | Dispersi Cahaya Oleh Prisma. Saya akan memperlihatkan bentuk spectrum warna hasil dispersi. Dalam kehidupan kita mengenal yang namanya pelangi dengan tujuh buah warna. Dalam ilmu fisika dikenal dengan sudut dispersi yang menguraikan cahaya putih menjadi spectrum warna. Berikut penjelasan yang saya buat. Selamat membaca.!

Perhatikan gambar dibawah ini :

Cahaya putih yang melalui prisma diuraikan menjadi spectrum warna yaitu warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Hal ini menunjukan bahwa sesungguhnya cahaya putih tersebut merupakan gabungan dari ketujuh warna diatas. Cahaya yang merupakan gabungan dari beberapa jenis warna disebut polikromatis, sedangkan cahaya yang hanya terdiri dari satu warna disebut monokromatis.
Apabila spectrum warna hasil disperse diurutkan dari warna merah hingga ungu, maka diperoleh beeberapa sifat : sudut deviasi semakin besar, indeks bias semakin besar, frekuensi semakin besar, dan panjang gelombang semakin kecil. Sudut disperse φ menyatakan lebar spectrum yang ditimbulkan oleh prisma yang besarnya bergantung pada selisih antara sudut deviasi warna ungu dan warna merah.

φ = Du – Dm
φ = (nu – 1) β – (nm – 1)β
φ = (nu – nm

dengan keterangan bahwa :
φ = sudut dispersi
nu = indeks bias warna ungu
nm = indeks bias warna merah
β = sudut puncak atau sudut pembias prima

contoh soal :
seberkas sinar dengan sudut datang sebesar 45o melewati suatu prisma sama sisi yang berada di udara dan terjadi deviasi minimum. Tentukanlah besar sudut deviasi minimum dan indeks bias prisma tersebut.
Penyelesaian :
Besaran yang diketahui :
        i1 = 45o
       β = 60o karena prisma sama sisi
       nm = 1 karena udara
maka;
Dm = 2i1 – β
Dm = 2 x 45o – 60o
Dm = 90o – 60o
Dm = 30o
Jadi, besar sudut deviasi minimumnya adalah 30o

nm sin ½ (β + Dm ) = np sin ½ β
np = (nm sin ½ (β + Dm )) / sin ½ β
np = (1 sin ½ (600 + 30o)) / sin ½ 600
np = sin 45o/ sin 30o
np = ½ √2/ ½
np = √2
sehingga, indeks bias prisma tersebut adalah sebesar √2

demikian penjelasan singkat dari saya mengenai Sudut Dispersi | Dispersi Cahaya Oleh Prisma. Semoga ini menjadi materi yang bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui tentang Sudut Dispersi | Dispersi Cahaya Oleh Prisma. Ilmu fisika sangat banyak sekali aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kadang itu terasa namun ada juga yang tidak terfikirkan oleh kita. Anda bisa melihat dan membaca materi fisika lainnya dalam blog ini. Terimakasih sudag berkunjung.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah membaca artikel kami. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 
Support : Dunia Matematika | Dunia Fisik dan Fiksi
Copyright © 2013. Blog Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by AM Published by Aeroplane
Proudly powered by Blogger