Home » , , , , » Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran dengan Jari-jari Diinput

Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran dengan Jari-jari Diinput

Written By Unknown on Selasa, 15 Oktober 2013 | 21.30

Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran dengan Jari-jari Diinput - cerdaskan.com. Postingan kali ini saya akan memberikan satu program pascal yaitu Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran yang Jari-jarinya Diinput. Program ini tergolong sangat mudah sekali dalam ilmu pascal, karena hanya menggunakan ilmu dasarnya saja. Hal ini baik untuk anda yang sedang belajar membuat program dengan pascal. Selamat belajar dengan artikel Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran dengan Jari-jari Diinput ini.

  • Deskripsi Program
Ini merupakan program untuk menghitung luas dan keliling dari suatu lingkaran yang jari-jarinya diketahui (diinput). Variabel yang digunakan pada program ini adalah r, K dan L. Dimana r merupakan jari-jari lingkaran. K adalah variabel yang menunjukkan keliling lingkaran. sedangkan L adalah variabel yang menunjukkan luas lingkaran.
Jari-jari atau r  didalam program ini memiliki tipe data integer atau bilangan bulat, karena biasanya jari-jari dalam sebuah lingkaran dinyatakan dengan bilangan bulat. Walaupun ada yang dinyatakan dengan bilangan desimal, tetapi kasusnya jarang terjadi karena umumnya jari-jari sebuah lingkaran itu dinyatakan dengan bilangan bulat. Untuk K dan L atau keliling dan Luas lingkaran dinyatakan dengan tipe data real karena ia merupakan perkalian antara phi yang bernilai 3.14 atau 22/7 yang bilangan pecahan, sehingga apabila bilangan pecahan dikalikan dengan bilangan bulat, maka hasilnya akan berupa bilangan pecahan. Tetapi apabila nilai jari-jarinya tepat habis dibagi 7 maka luas dan keliling berupa bilangan bulat. 
Pada saat menghitung luas dan keliling lingkaran atau setengah lingkaran tidak menggunakan rumus keliling lingkaran πd dimana d adalah diameter lingkaran. Ini dikarenakan rumus mencari keliling lingkaran mempunyai rumus yang sama antara π.d dengan 2πr. Namun, untuk rumus mencari luas lingkaran tidaklah sama dengan rumus mencari kelilingnya. Pada rumus mencari luas lingkaran, terdapat variabel d yang rumusnya adalah 2.r pada keliling lingkaran. Terakhir, dalam program ini akan dibuat sebuah program untuk mencari luas dan keliling lingkaran dalam satu program.  
  •  Program 

 

  • Hasil Program


  • Algoritma
Program Luas_dan_Keliling_Lingkaran
{Program untuk menghitung Luas dan keliling lingkaran dengan K adalah keliling, L adalah luas, dengan jari-jari (r) diinput}
Deklarasi
            r : Integer
            K, L : Real
Algoritma
            Read (r)
            K         2*phi*r;
            L          phi*r*r;
            Writeln (K)
            Writeln (L)
Demikianlah uraian program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran dengan Jari-jari Diinput yang dapat saya jelaskan. Semoga program Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran dengan Jari-jari Diinput membuat anda paham untuk membuat program-program pascal yang lainnya. Terimakasih.

Share this article :

2 komentar:

Terimakasih Telah membaca artikel kami. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 
Support : Dunia Matematika | Dunia Fisik dan Fiksi
Copyright © 2013. Blog Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by AM Published by Aeroplane
Proudly powered by Blogger