Home » , , , , , , , » Hubungan Kalor dengan Jenis Zat

Hubungan Kalor dengan Jenis Zat

Written By Unknown on Rabu, 09 Oktober 2013 | 13.58


Hubungan Kalor dengan Jenis Zat cerdaskan.com. Artikel kali ini, saya akan mengulas satu materi tentang Kalor dan Energi yaitu mengenai Hubungan Kalor dengan Jenis Zat. Kita ketahui bahwa kalor merupakan energy yang dapat berpindah sehingga kalor adalah salah satu bentuk energy. Apakah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1o C untuk 1 kg air sama dengan yang diperlukan untuk 1 kg alcohol? Untuk lebih jelasnya silahkan melanjutkan membaca artikel terkait Hubungan Kalor dengan Jenis Zat ini. Selamat membaca!


Melalui suatu percobaan diketahui bahwa, kalor yang diperlukan tidak sama untuk menaikkan suhu 1o C untuk 1 kg air dengan untuk 1 kg alcohol. Kalor yang diperlukan untuk air adalah 4.200 J, sedangkan untuk alcohol adalah 2.400 J. perbedaan ini disebabkan oleh sifat khas yang dimiliki oleh setiap zat. Besaran yang mewakili sifat khas ini dinamakan kalor jenis atau dilambangkan dengan c. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kalor yang diberikan sebanding dengan kalor jenis zat.
Q = c
Rumus menghitung kalor
Jika kesimpulan tentang banyaknya kalor yang diperlukan kita padukan, maka dapat disimpulkan bahwa kalor (Q) yang diperlukan suatu zat untuk menaikkan suhu sebanding dengan massa (m), sebanding dengan kalor jenis zat (c), dan sebanding dengan kenaikkan suhunya atau ∆T. secara matematis pernyataan ini dituliskan sebagai berikut :
Q = m.c. ∆T
Definisi kalor jenis zat
Rumus Q = m.c. ∆T dapat juga ditulis yaitu ;
c = Q/ m. ∆T
satuan c = satuan Q/(satuan m)(satuan ∆T) atau sama dengan
c = J/kg oC
jadi, satuan kalor jenis adalah J/kg oC atau J/kg K
Jika pada rumus Q = m.c. ∆T, kita pilih m = 1 kg dan ∆T = 1 oC, Maka kita dapatkan
Q = m.c. ∆T
Q = 1 kg .c. 1 oC
Q = c
Artinya, kalor yang diberikan Q sama dengan kalor jenis c sehingga dapat kita definisikan bahwa kalor jenis suatu zat adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kg zat sebesar 1 oC.
Contohnya, kalor jenis air adalah 4.200 J/kg oC. ini menunjukan bahwa kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kg air sebesar 1 oC adalah 4.200 J. kalor jenis berbagai zat ditunjukkan pada tabel berikut ini :




Contoh menghitung kalor
Berapakah banyak kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 250 g air dari 20oC sampai 100oC?
Penyelesaian :
Diketahui massa air m = 250 g = 0,25 kg
Kenaikkan suhu air ∆T = 100oC - 20oC = 80oC
Jika tidak diketahui, kalor jenis air selalu kita pakai c = 1 kal/goC atau sama dengan 1 kkal/kgoC.
Kalor yang diperlukan dihitung dengan rumus,
Q = m.c. ∆T
Q = 0,25 kg .4200 J/ kgoC. 80 oC
Q = 84.000 Joule.

Demikianlah sedikit penjelasan dari saya mengenai Hubungan Kalor dengan Jenis Zat. Ternyata kita memperoleh bahwa Q = c untuk Hubungan Kalor dengan Jenis Zat. sangat mudah untuk menghitung jumlah kalor apabila seluruh komponen dalam rumus Q = m.c. ∆T diketahui atau salah satunya tidak. semoga artikel Hubungan Kalor dengan Jenis Zat ini bermanfaat. Salam Fisika.
Share this article :

2 komentar:

  1. kurang rincih, jadi males baca.. apalagi yg basic nya g ngerti soal ipa 🙄

    BalasHapus

Terimakasih Telah membaca artikel kami. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 
Support : Dunia Matematika | Dunia Fisik dan Fiksi
Copyright © 2013. Blog Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by AM Published by Aeroplane
Proudly powered by Blogger