Home » , , , » Pembiasan Pada Kaca Plan-Paralel

Pembiasan Pada Kaca Plan-Paralel

Written By Unknown on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 21.29

Pembiasan Pada Kaca Plan-Paralelcerdaskan.com. sering kita mendengar satu kata yaitu bias. Namun, tahukah anda artinya? Bias dan pembiasan adalah kata yang berbeda tapi implementasinya sama. Dikatakan bias atinya tidak tepat atau berbelok atau serong. Sesuatu kurang bagus jika bersifat bias, sedangkan dikatakan baik jika bersifat tidak bias karna tepat pada sasaran. Lalu, bagaimana konteks bias dalam pembiasan pada kaca plan parallel ini? langsung baca saja yuk!

Gambaran :
Apabila seberkas sinar datang dari suatu medium dengan indeks bias n1 ke suatu kaca plan-paralel dengan indeks bias n2, maka sinar yang keluar dari kaca plan parallel akan sejajar dengan sinar masuk, namun mengalami pergeseran dari arah semula seperti tampak pada gambar berikut:

Untuk kaca plan parallel dengan ketebalan d, maka sinar akan mengalami pergeseran sebesar t yang dapat diturunkan sebagai berikut :
Perhatikan segitiga OBC pada gambar :
Sin < COB = 1/ OB
t = OB sin < COB
t = OB sin (i – r)

perhatikan segitiga OAB pada gambar :
cos r = OA/OB
cos r = d/OB
OB = d/ cos r

Dengan menggunakan kedua persamaan diatas maka diperoleh :
t = d sin (i – r) / cos r
dengan r dapat dihitung dari hukum snellius yaitu (n1 sin i = n2 sin r)

itulah sedikit gambaran mengenai pembiasan pada kaca plan-paralel yang dapat saya tunjukkan. Gambar yang kurang jelas harap maklum . semoga ini menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat terkait ilmu fisika pembiasan pada kaca plan-paralel. Artikel pembiasan pada kaca plan-paralel ini dapat memberikan tambahan wawasan anda mengenai pembiasan pada kaca-kaca yang lain. Terimakasih. Salam fisika, sampai jumpa.
Share this article :

2 komentar:

Terimakasih Telah membaca artikel kami. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 
Support : Dunia Matematika | Dunia Fisik dan Fiksi
Copyright © 2013. Blog Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by AM Published by Aeroplane
Proudly powered by Blogger