Home » , , , , , , , , , , , , , , , » Protozoa | Protista Menyerupai Hewan

Protozoa | Protista Menyerupai Hewan

Written By Unknown on Minggu, 13 Oktober 2013 | 00.32

Protozoa | Protista Menyerupai Hewancerdaskan.com. Berikut ini saya berikan penjelasan mengenai materi terkait Protozoa sebagai protista yang menyerupai hewan. Dikatakan bahwa protista merupakan makhluk hidup eukariotik sederhana yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai hewan, tumbuhan atau jamur. Selama perkembangannya dari generasi ke generasi, protista telah memiliki nucleus sejati, mitokondria, kloroplas, reticulum endoplasma, badan golgi, flagella dan silia. Lebih jelasnya silahkan baca artikel protista menyerupai hewan berikut ini :

Cirri-ciri Protista
1. Mayoritas protista merupakan makhluk hidup uniseluler dan bersifat mikroskopis. Hanya sedikit yang tersusun dari banyak sel atau multiseluler.
2. Sebagian besar anggotanya berperan sebagai plankton.
3. Semua protista dapat melakukan reproduksi secara aseksual dan seksual atau dilakukan dengan cara penyatuan dua inti dari dua individu.
4. Pada umumnya, protista dapat dibedakan menjadi tiga kategori yaitu protista menyerupai tumbuhan atau ganggang, protista menyerupai hewan atau protozoa dan protista menyerupai jamur atau fungi.

Tempat Hidup Protista
Protista dapat ditemukan hampir di semua perairan dan kebanyakan hidup melayang di air. Dapat juga ditemukan di tanah lembab, tumpukan sampah daun dan habitat darat yang lain.

Cara Hidup Protista
Protista ada yang hidup secara bebas dan hidup di dalam simbion dalam cairan tubuh, jaringan atau sel inangnya. Bentuk simbiosisnya dapat berupa simbiosis mutualisme atau parasitisme karena beberapa spesies protista hidup sebagai parasit pathogen. Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, protista dapat membentuk kista, yaitu bentuk dormansi sel yang berguna sebagai perlindungan diri dari lingkungan.

Cara Protista Memperoleh Makanan
Protista yang hidup secara fotoautotrof atau memiliki kloroplas dapat memproduksi makanannya sendiri. Protista yang hidup secara heterotrof, memperoleh makanan dengan cara mengabsorbsi molekul-molekul organic atau mencerna partikel makanan yang berukuran besar. Sebagian protista memperoleh makanan dengan melakukan kombinasi antara fotosintesis dan memakan nutriennya.

Protista Menyerupai Hewan atau Protozoa
Cirri umum
1. Protozoa merupakan hewan bersel satu atau uniseluler, berukuran 100 – 300 mikron dan segala aktivitas hidupnya seperti bergerak, bernapas, menangkap makanan dan bereproduksi dilakukan oleh sel tersebut.
2. Hidup secara heterotrof sebagai sporofit atau parasit
3. Berkembang biak secara vegetative dengan cara membelah diri dan secara generative dengan konjugasi
4. Merupakan kelompok protista yang bersifat kosmopolit, dapat ditemukan di berbagai tempat, seperti di air tawar, air laut, tempat yang lembab dan dalam tubuh makhluk hidup lain.

Beberapa contoh protozoa
·         Kelas Rizhopoda
Alat gerak kaki semu, hidup di air laut, tawar dan parasit pada tubuh hewan, cara hidup soliter dan reproduksi aseksual dengan membelah diri.
-          Amoeba proteus, hidup di tempat basah yang banyak mengandung bahan organic
-          Entamoeba ginggivalis, hidup parasit di rongga mulut
-          Entamoeba disentriae, hidup parasit di usus manusia
-          Foraminifera, hidup dilaut fosilnya digunakan sebagai penunjuk pencarian sumber minyak
·         Kelas Ciliata
Alat gerak bulu getar, hidup di air tawar dan daerah lembab, cara hidup berkoloni dan reproduksi secara aseksual (membelah diri) serta seksual (konjugasi).
-          Paramecium caudatum, hewan sandal
-          Didinium, seperti terompet
-          Vorticella, seperti lonceng
·         Kelas Flagellata
Alat gerak bulu cambuk, hidup di air laut, tawar dan parasit pada hewan atau manusia, cara hidup berkoloni, reproduksi aseksual membelah diri
-          Euglena viridis, adanya stigma untuk membedakan cahaya gelap dan terang
-          Trypanosoma gambiense, penyebab penyakit tidur
-          Trypanosoma vaginalis, parasit di vagina
-          Trypanosoma evansi, penyakit sura pada ternak
·         Kelas Sporozoa
Hidup sebagai parasit pada sel darah merah manusia atau hewan, cara hidup soliter, reproduksi aseksual sporozoit dan seksual gametosit.
-          Palmodium falciparum, penyakit malaria tropikana
-          Plasmodium malariae, penyakit malaria kuartana
-          Plasmodium vivax, penyakit malaria tertian
Peranan Protozoa dalam kehidupan
-          Endapan cangkang Radiolarian di dasar perairan akan membentuk tanah radiolarian yang mengandung zat kersik yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok.
-          Endapan kerangka tubuh Globigerina di dasar perairan akan membentuk tanak globigerina yang merupakan petunjuk adanya minyak bumi.
-          Entamoeba coli di dalam usus besar membantu pembusukan sisa-sisa makanan.
Bahaya Protozoa
-          Entamoeba histolitica, penyakit disentri
-          Entamoeba ginggivalis, penyakit gingivitis
-          Balantidium coli, penyakit diare
Itulah penjelasan mengenai protozoa atau protista menyerupai hewan. Protista memang tidak bisa dibedakan apakah dia hewan, tumbuhan atau jamur. Namun, protista hanya menyerupai hewan, tumbuhan dan jamur sehingga protista tidak dapat diklasifikasikan ke dalam tiga golongan makhluk hidup tersebut. Semoga ini bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah membaca artikel kami. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 
Support : Dunia Matematika | Dunia Fisik dan Fiksi
Copyright © 2013. Blog Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by AM Published by Aeroplane
Proudly powered by Blogger