Home » , , » Hukum Grafitasi Umum dan Perhitungannya dengan Pascal

Hukum Grafitasi Umum dan Perhitungannya dengan Pascal

Written By Unknown on Kamis, 10 Oktober 2013 | 13.30

Hukum Grafitasi Umum dan Perhitungannya dengan Pascal - cerdaskan.com. Program pascal yang satu ini merupakan sebuah program untuk mencari besar Gaya Gravitasi umum dalam ilmu fisika. Hukum Gravitasi umum dapat membantu kita dalam mengetahui gerak pada planet dan benda angkasa lainnya. Adapun program yang dibuat dalam artikel ini adalah program yang menghitung berapa besar F gaya gravitasi umum berdasarkan data yang diinput atau nilai yang dimasukkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan singkat berikut ini :
 
Adapun hukum grafitasi universal atau umum berbunyi sebagai berikut :
" Jika ada dua benda yaitu m1 dan m2 dan terpisah sejauh R, pada benda-benda akan bekerja gaya tarik-menarik yang besarnya sebanding dengan hasil kali kedua massa itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya".

F = G  (m1 m2 ) / R2

Dengan :
  • F = gaya tarik menarik antara dua buah benda (N)
  • G = konstanta gravitasi umum (6,67 x 10-11 N.m2/kg2)
Gaya gravitasi antara dua benda pertama kali diukur oleh Henry Cavendish pada tahun 1798, seratus tahun setelah newton mengemukakan hukum-hukum fisikanya.
Cavendish tidak hanya memperkuat tamuan Newton bahwa dua benda saling menarik, tetapi ia juga berhasil menentukan nilai tetapan gravitasi yaitu, (6,67 x 10-11 N.m2/kg2)
Gaya gravitasi merupakan besaran vektor. Penjumlahan beberapa gaya gravitasi yang bekerja pada benda harus menggunakan kaidah penjumlahan vektor. 
adapun program pascal untuk menentukan besar gaya F gravitasi universal yaitu sebagai berikut :
hasil programnya adalah seperti ini :
demikian penjelasan yang saya berikan terkait Program pascal untuk menghitung grafitasi universal atau umum . Sangat Mudah bukan? Pasti anda bisa melakukan hal yang sama untuk menentukan rumus-rumus perhitungan yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, Jangan pernah berhenti untuk belajar sekalipun ilmu itu sangat mudah untuk dilakukan. Terimakasih telah membaca artikel ini. Baca Juga artikel yang lain terkait Program Pascal.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah membaca artikel kami. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 
Support : Dunia Matematika | Dunia Fisik dan Fiksi
Copyright © 2013. Blog Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by AM Published by Aeroplane
Proudly powered by Blogger