Home » , , , , » Hukum Kepler I, II dan III

Hukum Kepler I, II dan III

Written By Unknown on Kamis, 10 Oktober 2013 | 16.55

Hukum Kepler I, II dan IIIcerdaskan.com. Beralih ke hukum fisika yang lain, disini kita mengenal yang namanya hukum kepler dalam dinamika II. Hukum kepler berperan penting dalam menunjukkan suatu pergerakan pada planet. Sungguh menarik tentunya, jika kita mengamati pergerakan semua planet di angkasa termasuk planet yang kita hinggapi yaitu bumi. Hukum kepler sangat terkenal dalam ilmu fisika dan tidak bisa lepas darinya. Tanpa panjang lebar maka langsung saja kita simak penjelasan dibawah ini :

Sebelum Newton merumuskan hukum-hukum fisikanya tentang gerak dan hukum gravitasi, Johanes Kepler (1571-1630) telah mencoba menjelaskan tentang gerak planet. Dengan menganalisis data kedudukan planet dan mengambil gagasan Copernicus bahwa bumi berputar pada porosnya ketika bergerak mengitari matahari. Kepler mengemukakan ketiga hukumnya yaitu sebagai berikut :
Hukum I Kepler
“Semua planet bergerak mengelilingi matahari dengan lintasan berupa elips dengan matahari berada pada salah satu titik apinya”.

Hukum II Kepler
“Dalam waktu yang sama, garis khayal yang menghubungkan planet dan matahari menyapu luasan yang sama”.




Berdasarkan hukum II kepler, luas AMB sama dengan luas A’MB’

Hukum III kepler
“Kuadrat periode revolusi planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata-rata planet itu dari matahari”.
Andaikan dua planet mempunyai jarak rata-rata dari matahari R1 dan R2, dengan periode revolusi berturut-turut T1 dan T2 . menurut hukum III Kepler, berlaku :
T12 ȣ R13 dan T22  ȣ R23
Berlaku juga hubungan :
T12 / T22  = R13 / R23

Itulah bunyi dari ketiga hukum kepler yang harus anda ketahui. Ketiganya berhubungan dengan gerak planet terhadap matahari. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya tuliskan mengenai hukum kepler. Masih banyak masalah dalam dunia fisika yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Semoga artikel Hukum Kepler I, II dan III ini bermanfaat bagi anda dan menjadi bahan referensi yang akurat terkait Hukum Kepler I, II dan III. Terimakasih.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah membaca artikel kami. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

 
Support : Dunia Matematika | Dunia Fisik dan Fiksi
Copyright © 2013. Blog Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by AM Published by Aeroplane
Proudly powered by Blogger